Masih lanjut postingan tentang twitter. Kali ini saya tulis tentang beberapa macam cara untuk dapat berinteraksi/menanggapi tweet ketika sebuah tweet telah terposting, seperti yang telah kita ketahui sebelumnya yaitu reply dan retweet.

Twitter pada situs web-nya menyediakan beberapa fasilitas dibawah ini agar kita dapat berinteraksi dengan tweet yang tampil pada timeline kita :

Twitter Timeline (TL)

Tweet pada timeline terlihat polos tanpa ada tombol2 seperti pada facebook yg menyediakan tombol “like” dan “comment” pada setiap status yang tampil. Namun, ketika kita meng-highlight sebuah tweet (menggerakkan kursor mouse diatas sebuah tweet), maka baru tampak tiga buah tombol interaksi yaitu “Favorite”, “Retweet”, dan “Reply”. Masing-masing fungsinya kalian pasti sudah tahu.

Nah, dalam interaksi yang terjadi tersebut, terdapat beberapa hal yang tidak terlalu penting, namun meggelitik saya untuk membahasnya disini. Contohnya dibawah ini :

1. Fungsi reply : Reply bertujuan untuk membalas tweet yang masuk ke akun kita. Tombol reply akan otomatis me-mention akun yang akan kita balas, dengan menampilkannya pada awal “tweet” kemudian diikuti kalimat balasan yang akan kita ketikkan. Contoh :

Tampak tombol favorites, retweet dan reply

Reply ke akun @aida_uyee

2. Fungsi retweet : Retweet yang pada awal mulanya berguna untuk men-tweet ulang sebuah tweet yang ada, telah berkembang menjadi ajang balas berbalas. Seringkali sekarang makin banyak ditemui tweet yang memiliki tanda “RT” yang banyak sekali.

Bagi sebagian tweeps, hal seperti ini wajar, mengingat isi tweet kita memang bebas dan tidak ada yang mengikat. Namun bagi sebagian tweeps lain, hal ini akan sangat mengganggu, dikarenakan retweet dengan cara tersebut akan terlihat oleh seluruh follower kita. Hal paling buruk dari ini kemungkinan anda akan di “Unfollow” oleh tweeps yg bersangkutan :p

Sekilas cara tweeting yang ‘benar’

Tidak ada Undang-Undang yang mengatur dengan baku bahwa tweet harus ini-itu, hehehe. Namun, just for share saja beberapa hal yang mungkin bisa membuat kegiatan ngetweet kalian menjadi lebih rapi dan tidak banyak terlihat ‘NYAMPAH’ di timeline.

  1. Gunakan fasilitas Reply untuk saling berbalas tweet. Dengan cara ini, hanya follower anda dan follower account yg anda mention saja yang dapat melihat tweet reply-an anda di timeline. Hal ini tentu saja tidak akan banyak memenuhi timeline.
  2. Gunakan fasilitas retweet untuk saling berbalas seperlunya. Terkadang kit abisa melihat dalam satu tweet, terdapat tanda ‘RT’ hingga berkali kali, sehingga sangat tidak enak untuk dilihat dan dibaca. Kalau ada yg lebih simple, ngapain repot? Contoh :

    Contoh retweet dengan komen yang terlalu banyak.

Nah, selamat bertwitter dengan rapi dan smart🙂

*Tips lebih banyak baca disini