Novel 5 cm emang keren abis (setidaknya menurutku bgitu :D), banyak quotation yg emang bagus, dan bisa bikin kita mikir lebih dari biasanya, melihat lebih jauh dari biasanya,  berusaha lebih keras dari biasanya, pokoknya lebih dari biasanya,,hehe (tuh kan, jadi ikut2an salah satu quote yg keren dari mas Donny -penulisnya-).

Oke deh,yang udah pada pengen tau lebih banyak , nih aku kasi sebagian yang aku temuin, have fun :

PROLOG

1.)  Berkatalah sebatang pohon kepada seorang manusia, “Akarku menghujam dalam ke tanah yang merah, dan aku akan memberimu buah-buahku”

       Manusia itu menjawab, “Betapa miripnya kita, akarku juga menghujam ke dalam tanah yang merah, dan tanah yang merah itu mengajariku untuk menerima pemberianmu dengan rasa terima kasih.” (Kahlil Gibran)

2.)  Salah satu keindahan di dunia ini yang akan selalu dikenang adaah ketika kita bisa melihat atau merasakan sebuah impian menjadi kenyataan. Dan bagiku, dirinya adalah satu keindahan itu. (Penulis, disertai perubahan dariku sendiri,,hhe)

3.)  Impian, harapan, keinginan, dan cita-cita yang akan selalu ada untuk sebuah makhluk bernama manusia. Keep our dreams alive… and we will survive (Penulis)

4.)  Mimpi – sesuatu yang ada dan patut untuk diperjuangkan.(Pembaca)

5.)  A life without a risk is alife unlived…

6.)  A woman’s heart is deeper than the ocean for a secret. (Kate Winslet, Titanic)

7.)  Man gotta do what man gotta do

8.)  You may say I’m a dreamer but I’m not the only one. (John Lennon, imagine)

9.)  Everyman dies not everyman really lives. (Mel Gibson, Braveheart)

10.) I’m gonna love you  till the heaven stops the rain. (Jim Morrison, The Doors)

11.) “Generation to come will scarce believe that such a one as this, ever in flesh and blood walked up on this earth” / Generasi mendatang akan sulit mempercayai bhwa sesuatu yang menakjubkan ini pernah ada dalam darah dan daging, serta berjalan diatas muka bumi. (Sebuah quote Albert Einstein yang didedikasikan saat pemakaman Mahatma Gandhi)

BAB 1 : Me, You vs The World

1.)  Dan semuanya akan tambah indah kalo lo tetap jadi diri lo sendiri… bukan orang lain… (Penulis)

2.)  If someone asked me what was the greatest moment of my life… I’ m gonna said this is the greatest moment of my life. (Meg Ryan, City of Angles movie.)

BAB 2 : All I Have To Do is Dream

BAB 3 : Yellow

 BAB 4 : Wings To Fly

1.)  “…seorang cowok memakaikan jaketnya ke cewek. Gue sering banget liat adegannya di film dan coba mengartikannya denga apa saja, tapi sekarng gue ngerasain sendiri, rsanya lain banget…”

Versi lengkapnya : “Adegan kayak gini  paling sering ada di film-film, seorang cowok ngasih jaketnya ke sang cewek untuk dipakai. Lambang pelindung, superioritas, dan ke-essential-an laki-laki yang lebih tegar dari wanita, sekaligus lambang kelembutan wanita yang akan selalu memancarkan aura-aura dengn keindahan tak terhingga yang harus laki-laki jaga dan lindungi. Setiap nonton adegan seperti ini, dulu gue sering banget mencoba meraba-raba mengartikannya. Tapi sekarng gue ngrasain sendiri… rasanya lain banget…” (Zafran memberikan jaketnya ke Indy, dan Indy memakainya)

2.)  “Bilang gak bilang, laki-laki nggak pernah boleh nyesel“;”Boys dont cry”;”Man gotta do what man gotta do”. (Zafran akan menyatakn perasaan pada Indy)

3.)  Dalam genggaman Arial, malam itu Indy senang sekli, ada Arial yang akan selalu memberinya sayap yang akan membawa Indy menikmati masa-masanya. Sayap yang akan membawanya terbang tinggi dengan angin-angin cinta, kerinduan , perhatian, dan mimpi-mimi yang akan selalu menerpa lembut wajahnya, sayap yang akan selalu menjaganya.

Bab 5 : Don’t Stop Me Now

1.)  Tinta bagi seorang pelajar lebih suci nilainya daripada darah seorang martir (Muhammad SAW)

Bab 6 : Rehumanize

1.) Cogito Ergo Sum (Aku berpikir maka aku ada)

2.) Wanita memang paling cantik kalau sedang tertidur, terpejam. (batin Zafran saat melihat Dinda tertidur dalam kereta)

3.) Manusia mendapatkan sesuatu dari manusia lain. Manusia melepaskan sesuatu dari manusia lain. Manusia menjadi manusia karena manusia lain, atau mungkin ada juga manusia yang menjadi manusia kembali karena manusia lain. (Bagi umat manusia, manusia itu suci)

Catatan:

Slogan Humanismu dunia sampai sekarang, dari Filsuf Stoik Athena, Seneca {4 SM-65 M}

Humanisme : Suatu pandangan hidup yang menempatkan individu sebagai fokus utama.

Pencetus Humanisme : Filsuf Stoik Negarawan Athena, Cicero {106 SM – 43 SM}

BAB 7 : You Are the Universe

1.)  “…sesungguhnya setip manusia memang diberi kebebasan untuk memilih. Memilih di persimpangan persimpangan kecil atau besar dalam sebuah “Big Master Plan” yang telah diberikan Tuhan kepda kita semenjak lahir…”

2.)  You are the driver, not a passanger in life…

3.)  “Kalau kamu punya unta , serahkanlah unta itu pada Allah. Tapi jangan lupa , unta itu juga harus diikat.” (Muhammad SAW) / Intinya jangan pernah nyerah sama keadaan, harus ada usaha.

4.)  The man with greatest soul will always face the greatest war with the low minded persons… (Orng-orang berjiwa besar akan selalu menghadapi perang besar dengan orang-orang berpikiran rendah dan pendek).

5.)  I am enough of an artist to draw freely upon my imagination. Imagination is more important than knowledge. Knowledge is limited. Imagination encircles the world. (Albert eINSTEIN)

BAB 8 : A Letter, A Heart… to Remember

Bab 9 : 5 cm

1.)  …keajaiban mimpi, keajaiban cita-cita dan keajaiban keyakinan manusia yang tak terkalkulasikan dengan angka berapapun

2.)  This world is for those who want to fight

3.)  “Yang kita perlu sekarang, cuma kaki yang akan berjalan lebih jauh dari biasanya, tangan yang aka berbuat lebih banyak dari biasanya, mata yang akan menatap lebih lama dari biasanya, leher yang akan lebih sering melihat ke atas, lapisan tekad yang seribu kali keras dari baja”

       “Dan hati yang aka bekerja lebih keras dari biasanya….”

       “Serta mulut yang akan selalu berdoa…”

 4.) …berawal dari mimpi dan usaha yang tak kenal lelah…keajaiban tekad dan do’a telah mengalahkan apapun hari ini.

5.) Whether you believe you can, or whether you believe you can’t…you’re absolutely right! (Henry Ford)

6.) Our greatest glory is not in never falling… but in rising everytime we fall. (Confucious)

7.) Mimpi-mimpi kamu, cita-cita kamu, keyakinan kamu, dan apa yang kamu kejar, kamu taruh disini….jangan menempel di kening,…Biarkan dia..menggantung..mengambang…5 centimeter…didepan kening kamu…Jadi dia nggak akan pernah lepas dari mata kamu.

      Dan kamu bawa mimpi dan keyakinan kamu tiap hari, kamu liat setiap hari, dan percaya bahwa kamu bisa. Apapun hambatannya, bilang sama diri kamu sendiri, kalo kamu percaya sama keinginan itu dan kamu nggak bisa nyerah. Bahwa kamu akan berdiri lagi setiap kamu jatuh, bahwa kamu akan mengejarnya sampai dapat, apapun itu, segala keinginan, mimpi, cita-cita, keyakian diri…

      Biarkan keyakinan kamu, 5 m mengantung mengambang di depan kening kamu. Dan…sehabis itu yg kamu perlu cuma…

     ……cuma kaki yang akan berjalan lebih jauh dari biasanya, tangan yang akan berbuat lebih banyak dari biasanya, mata yang akan menatap lebih lama dari biasanya, leher yang akan lebih sering melihat ke atas, lapisan tekad yang seribu kali keras dari baja…

       …Dan hati yang akan bekerja lebih keras dari biasanya…

       ..Serta mulut yang akan selalu berdoa…

     Dan kamu akan selalu dikenang sebagai seorang yang masih punya mimpi dan keyakinan, bukan cuma seonggok daging yang hanya punya nama. Kamu akan dikenal sebagai seorang yang percaya pada kekuatan mimpi dan mengejarnya, bukan seorang pemimpi saja, bukan orang biasa-biasa saja tanpa tujuan, mengikuti arus dan kalah oleh keadaan. Tapi seorang yag selalu percaya akan keajaiban mimpi, keajaiban citacita, dan keajaiban keyakinan manusia yang tak terkalkulasikan dengan angka berapapun….Dan kamu nggak perlu bukti apakah mimpi-mimpi itu akan terwujud nantinya karena kamu hanya harus mempercayainya.

    Percaya pada…5 cm di depan kening kamu…

 

 

BAB 10 : Spectacular…Spectacular

1.)  Yang bisa dilakukan seorang makhluk bernama manusia terhadap mimpi-mimpi dan keyakinanya aalah mereka hanya tinggal mempercayainya…

2. ) Bangsa yang besar ini jug harus punya mimpi…

3.)  Impian, Cinta , Kehidupan. Sederhana tapi luar biasa…ada dalam diri setiap manusia jika mau meyakininya.

4. ) Ada yang pernah bilag kalau idealisme adalah kemewahan terakhir yang dimiliki oleh generasi muda.