Overview

Setelah anda melakukan login pada halaman webnya disini, anda akan menjumpai halaman home atau yang disebut timeline (TL). Halaman ini menampilkan semua ‘kicauan’ atau tweet dari akun orang lain yang kita ikuti (follow). Pada sisi sebelah kanan, terdapat identitas anda termasuk lokasi, favorites, bio, jumlah orang yang anda follow dan jumlah follower anda sendiri. Sementara sedikit dibawahnya, terdapat beberapa tweet yang menjadi trend (biasa disebut trending topic, topik yang sedang banyak dibicarakan tweeps diseluruh dunia).

Memulai nge-tweet

Sekarang waktunya anda menuliskan ‘kicauan’ pada kolom yang disediakan. Ingat, maksimal karakternya adalah 140 karakter, seperti dibawah ini :

Contoh tweet yg agak jorok

Apa itu “mention” ?

Mention adalah penyebutan / penulisan akun tweet anda pada suatu tweet. Sederhananya, apabila terdapat suatu ID twitter didalam sebuah tweet, maka tweet tersebut me-mention (menyebutkan) ID twitter yang bersangkutan. Hal ini seperti anda melakukan suatu tagging (penandaan) pada facebook. Contoh dibawah ini akun @mshudha sedang me-mention akun @kashikoi_shido :

Mention

Me-Reply Suatu Tweet

Reply (balas) adalah cara berkomunikasi dengan pemilik akun twitter lain. Suatu tweet dapat dibalas dengan melakukan reply pada tweet tersebut. Caranya dengan melakukan klik pada ikon ‘Reply’.

Apa itu Re-Tweet

ReTweet, sesuai namanya, yaitu melakukan ulangan/mengulang suatu tweet. Tweet yang kita retweet akan ditampilkan ulang pada timeline. Ada 2 cara melakukan retweet, yaitu old-retweet dan new-retweet.

  • old-retweet : dengan menampilkan karakter RT (ReTweet) diawal sebuah tweet. Retweet dengan cara lama ini memiliki keuntungan yaitu bisa ditambahkannya komentar sebelum karakter RT.
  • Contoh tweet dibawah adalah sebuah tweet dari akun @ojayss yang diretweet oleh akun @mshudha dengan disertai komentar (sebelum karakter RT).

Old-Retweet

  • new-retweet : dengan tanpa menampilkan RT. Cara ini dapat menghemat karakter pada sebuah tweet.
  • Seperti contoh dibawah ini, yang menggambarkan bahwa tweet dari akun @iFuckedUpTweets telah di Retweet oleh akun @mshudha.

New-Retweet

Namun dalam perkembangannya, retweet juga dilakukan untuk saling berbalas tweet dengan orang lain. Hal ini tentu saja mengurangi jumlah karakter balasan yang akan kita ketikkan.

Favorites

Sebuah tweet yang bagus, menarik, ataupun lucu kadang membuat kita menyukainya. Twitter menyediakan tombol ‘Favorites’ yang akan mengumpulkannya pada link favorites yang anda miliki, sehingga suatu saat anda masih dapat membaca kembali tweet-tweet yang anda sukai tersebut.
Hash Tag (Tanda Pagar)

Sesuai fungsi twitter sendiri yaitu untuk saling berkicau dan berbincang, tentu terkadang ada topik tertentu yang kita perbincangkan. Twitter menyediakan fungsi yang sangat simple namun sangat menarik, bahkan jenius. Hash Tag atau Tanda Pagar a.k.a Tagar. Maksudnya, setiap anda menuliskan tweet yang diawali dengan tanda pagar (tanpa dipisah), maka kata dalam tweet tersebut menjadi suatu link tersendiri. Link ini akan terkumpul dengan tanda pagar serupa dari belahan dunia manapun. Contoh :

Hashtag (#)

Next : search, trending topic, dsb.. (penyakit malas nulis mulai kambuh, hueheheh )

About these ads